APLIKASI TEKNIK SIPIL

10 Aplikasi Yang Harus Dikuasai Teknik Sipil


Penguasaan terhadap software adalah tuntutan utama bagi dunia kerja saat ini tidak terkecuali para insinyur teknik sipil. Kamu mahasiswa teknik sipil pastinya tahu bahwa persaingan dan tuntutan profesi setelah lulus begitu ketat, jadi selama masih kuliah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik lho.
Sudah saatnya kamu berhenti mengutuk bahwa dunia kerja itu keras guys. Daripada ngabisin waktu ngeluh mendingan kamu kuasain dulu nih 10 software berikut ini biar makin percaya diri ngelamar kerja di bidang kontruksi. 
1. AUTOCAD
Autocad adalah perangkat lunak komputer (CAD) untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembang oleh Autodesk. Keluarga produk Autocad, Secara Keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
2. SAP 2000
SAP 2000 dapat digunakan dalam perhitungan analisis struktur statik/dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP 2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur.
3. HEC-RAS
merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran di sungai, River Analysis System (RAS), dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satuan kerja di bawah US Army Corps of Engineers (USACE).
4. ETABS
Program ETABS merupakan program analisis struktur yang dikembangkan oleh perusahaan software Computers and Structures, Incorporated (CSI) yang berlokasi di Barkeley, California, Amerika Serikat. Berawal dari penelitian dan pengembangan riset oleh Dr. Edward L. Wilson pada tahun 1970 di University of California, Barkeley, Amerika Serikat, maka pada tahun 1975 didirikan perusahaan CSI oleh Ashraf Habibullah. Program ETABS digunakan secara spesialis untuk analisis struktur high rise building seperti bangunan perkantoran, apartemen, rumah sakit, dll
5. PLAXIS

PLAXIS 2D adalah program elemen hingga dua-dimensi, yang dikembangkan untuk analisis deformasi , stabilitas dan aliran air tanah dalam rekayasa geoteknik .PLAXIS 2D adalah bagian dari rangkaian produk-produk PLAXIS , paket program elemen hingga yang digunakan di seluruh dunia untuk desain dan rekayasa geoteknik.
6. AUTOCAD CIVIL 3D
AutoCAD Civil 3D adalah sebuah lini produk yang dikembangkan oleh AutoDesk, Inc dimana perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di California dan didirikan pada sekitar tahun 1992 oleh John Walker dan Dan Drake. Salah satu produk yang diunggulkan oleh AutoDesk adalah AutoCAD. Yang mana AutoCAD sendiri memiliki banyak varian bergantung pada fungsi dan kegunaannya. Untuk di bidang Survey dan Pemetaan, varian yang lazim digunakan adalah AutoCAD Civil 3D dan atau AutoCAD Map 3D.
7. SKETCHUP


SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse.
8. 3DMAX

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32.
9. GLOBAL MAPPER

Global Mapper adalah salah satu perangkat lunak yang cukup populer sering digunakan oleh kalangan praktisi GIS (geographics information system) atau orang-orang yang berkecimpung di bidang pemetaan. ... Sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dari latar belakang pengetahuan perangkat lunak lain yang berbeda-beda.
10. STAAD.PRO
STAAD (STructural Analysis And Design) merupakan sebuah sofware yang diperuntukkan untuk melakukan analisis dan desain struktur dengan cepat dan akurat. Dengan STAAD 2004, anda dapat memodel struktur dengan lebih mudah serta melihat hasil analisis dan desain dengan lebih baik. Salah satu keunggulan dari STAAD PRO adalah kemampuannya untuk mendesain dan mengoptimasi profil baja. Selain itu, software ini juga mampu mendesain dan menampilkan penempatan tulangan pada suatu elemen struktur beton.

Comments

Popular posts from this blog

download gambar septic tank autocad