2 Fungsi Keahlian Sketchup bagi Structure Engineer

Gak salah nih judulnya?

Tidak, Anda tidak salah membaca dan saya tidak salah menulis.

Bukannya sketchup ini untuk arsitek?

Tidak selalu, Structure Engineer juga butuh dan perlu mempelajarinya.

Apa fungsinya sketchup untuk Structure Engineer?…


Keahlian sketchup bagi Structure Engineer merupakan nilai tambah tersendiri. Dengan menguasai sedikit keahlian yang ada pada software sketchup ini, maka Anda akan selangkah lebih maju dibandingkan Structure Engineer yang tidak bisa software sketchup.

Klise sekali jawabannya, ada yang lebih spesifik?

Dengan menguasai sketchup akan memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas-tugas Anda. Karena tidak dipungkiri, di dunia konstruksi Anda akan bekerja sama dengan arsitek. Dimana kebanyakan arsitek juga menggunakan software sketchup ini untuk mendesain bangunannya.

Secara spesifik, ada 2 fungsi keahlian sketchup bagi Structure Engineer antara lain:

  1. Untuk memahami gambar arsitek
     Kemajuan dunia arsitek belakangan ini semakin pesat. Dengan ditemukannya material-material baru sebagai penyusun bangunan, maka desain bangunan-pun ikutan berkembang. Yang tadinya membangun rumah biasa-biasa saja, sekarang menjadi semakin atraktif (baca: aneh). Itu karena arsitek-arsitek kita sudah hebat-hebat.
Gambar 2 dimensi tidak lagi cukup untuk menjelaskan bentuk bangunan yang dibuat sang arsitek. Untuk itu, Structure Engineer butuh penjelasan secara 3 dimensi juga.
Jadi, sebagai seorang Structure Engineer kita harusnya mampu mengoperasikan software sketchup ini. Minimal bisa memutar-mutar objek, memperbesar tampilan, menampilkan potongan bangunan yang dibuat dengan sketchup atau melihat secara detail bentuk bangunannya.
Apa jadinya jika arsitek memberi file sketchup kepada Anda sementara Anda tidak bisa menggunakannya.

  1. Untuk membuat penjelasan gambar struktur
Sebaliknya, arsitek juga tidak terlalu paham mengenai bagian-bagian struktur bangunan. Terkadang sebagai structure engineer kita juga harus membuat model 3 dimensi untuk menjelaskannya kepada mereka.
Nah, sketchup merupakan software yang mudah digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi secara sederhana. Jika Anda sudah paham menggunakan autocad, saya rasa akan lebih mudah mempelajari sketchup ini.

Comments

Popular posts from this blog

download gambar septic tank autocad