17 Jenis Peralatan Untuk Proyek Konstruksi

Alat kerja merupakan salah satu komponen pokok pelaksanaan proyek konstruksi selain material / bahan dan tenaga kerja. Kebutuhan jenis dan jumlah alat kerja ini bermacam-macam tergantung dari apa saja lingkup kerja proyek secara keseluruhan.

Biasanya untuk pelaksanaan proyek konstruksi gedung bertingkat tinggi dengan basement ada beberapa kebutuhan jenis alat kerja termasuk alat berat. Apa saja jenis alat kerja atau alat berat yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut?

JENIS PERALATAN UNTUK PROYEK KONSTRUKSI

 No Jenis PeralatanKeterangan
1Tower CraneAlat angkat yang sering digunakan pada proyek konstruksi untuk mengangkat material, pembesian tulangan beton yang sudah dirakit, dan pengecoran beton. Biasa digunakan untuk proyek konstruksi bangunan tinggi.
2Mobile CraneAlat angkat juga yang lebih sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi baja biasa bukan gedung bertingkat tinggi dan durasi yang singkat.
3Passenger HoistAlat untuk transportasi vertikal atau lift material dan tenaga kerja.
4GensetAlat untuk kebutuhan listrik kerja peralatan konstruksi seperti tower crane dan passenger hoist. Biasanya untuk listrik kerja seperti penerangan dan kebutuhan listrik yang lain menggunakan sambungan listrik sementara dari PLN.
5Pompa air & Tandon AirAlat untuk kebutuhan air kerja biasa menggunakan air dari sumur dangkal atau sumur pantek yang dipompa ke tandon air.
6ExcavatorAlat untuk melakukan pekerjaan galian dengan volume besar.
7Dump TruckAlat untuk mendatangkan tanah untuk urugan dalam jumlah besar atau membuang hasil galian dengan jumlah besar keluar lokasi proyek.
8Truck TrontonAlat transportasi untuk mobilisasi material dan peralatan yang besar ukuran atau volumenya.
9Mobil Pick UpAlat transportasi untuk mobilisasi material dan peralatan yang tidak terlalu besar.
10TheodoliteAlat untuk pekerjaan survei pemetaan, pengukuran, dan marking.
11WaterpassAlat untuk pekerjaan survei pengukuran elevasi dan marking.
12ScafoldingStruktur sementara untuk penyangga pada saat pekerjaan pengecoran beton. Selain itu scafolding juga berfungsi sebagai tempat bekerja yang aman bagi tukang untuk melaksanakan pekerjaan di atas ketinggian. 
13Air CompressorAlat yang menghembuskan udara bertekanan tinggi yang berfungsi untuk membersihkan area yang akan dicor beton dari sisa-sisa pekerjaan beksiting dan pembesian seperti potongan kawat dan serbuk kayu serta debu.
14Concrete VibratorAlat untuk memadatkan / menggetarkan adukan beton segar pada saat pengecoran agar tidak ada gelembung udara yang terperangkap yang dapat menyebabkan hasil cor beton keropos.
15Bar BenderAlat untuk pekerjaan tekuk / bengkok besi tulangan.
16Bar CutterAlat untuk pekerjaan pemotongan besi tulangan.
17Mesin LasAlat untuk pekerjaan sambungan las, biasanya pada pekerjaan konstruksi baja.

Comments

Popular posts from this blog

download gambar septic tank autocad